Objek Wisata Pincuran Gadang Nagari Matua Hilia Kecamatan Matur Kabupaten Agam di Anggarkan dari Dana Desa

indonesiasatu, 10 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

AGAM - Walinagari Matua Hilia Kecamatan Matur Kabupaten Agam (Sumbar) Nurhamdi Didampingi Walijorong Batu Baselo Ari Novri Adrian mengatakan, Pembangunan objek wisata Pincuran Gadang Digenjot selama 2 tahun terakhir yang dianggarkan dengan Dana Nagari Matua Hilia.

Dikatakan Nurhamdi, saat ini pemerintah nagari sudah membangun kolam untuk anak-anak dan wanita, selain itu juga sudah ada taman bunga, dengan plang nama Pincuran Gadang. "Untuk kolam pemandian saat ini kita pisahkan antara laki-laki dan perempuan hal itu untuk menjaga kenyamanan para pengunjung," ujarnya saat di konfirmasi.

Tidak hanya itu lanjutnya, tahun 2020 mendatang pihaknya juga menganggarkan untuk pembangunan microhydro atau pembangkit listrik dengan memanfaatkan sungai yang berada di sekitar Pincuran gadang. "Ini juga akan menjadi salah satu daya tarik pengunjung saat datang ke objek wisata pincuran gadang," jelasnya.


Untuk kunjungan, Nurhamdi mengaku objek wisata Pincuran Gadang cukup diminati  wisatan Lokal dan juga luar daerah Agam , hal itu dibuktikan dengan ramainya pendatang tiap harinya. "Jika hari bisa ada sekitar 100 pengunjung namun akhir pekan dan libur bisa meningkat hingga 5 kali lipat," terangnya.


Objek Wisata Pincuran Gadang ini merupakan kolam pemandian dengan sumber mata air perbukitan yang jernih, selain itu terdapat juga objek wisata religius berupa mesjid tua berusia lebih hampir 2 abad yang merupakan bukti sejarah perkembangan Islam di Luhak Agam sekitar.


Dan juga Mesjid ini salah satu peninggalan sejarah perjuangan pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol saat perang paderi yaitunya tempat menyebarkan ajatan islam sekaligus basis pertahanan dan atur strategi perang gerilya dan informasinya(Syafrianto.S.Sos)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu